'smooth crue: Memahami Pesan-Pesan Pokok Q.S. An-Nas dan Q.S. Al-‘Asr

Selasa, Mei 2

Memahami Pesan-Pesan Pokok Q.S. An-Nas dan Q.S. Al-‘Asr

Pesan pokok Surat An-Nass 

Adalah anjuran untuk manusia agar senantiasan memohon perlindungan kepada Allah Swt dari gangguan setan yang berda di dalam diri.  

Surat An-Naas adalah surah ke -114 dan merupakan surah penutup dalam Al-Qur’an. Nama An-Nass diambil dari dalam surah ini sendiri yang berarti manusia. Surah ini mempunyai 6 ayat dan tergolong ke dalam surah makkiyah. Pada ayat pertama sampai ketiga mengandung pesan untuk mengagungkan Allah Swt sebagai hamba sebelum memohon sesuatu agar dikasihani. Pada ayat keempat sampai keenam menjelaskan tentang nafsu jahat dari diri manusia merupakan bisikan dari iblis yang diwariskan kepada setan dan jin, karena nafsu pada dasarnya diciptakan tidak untuk melawan perintah Allah Swt.

 

Q.S. An-Nas

 Pesan pokok Surat Al’Ashr 

Adalah anjuran bagi manusia agar memanfaatkan waktu untuk selalu beramal saleh, saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran karena apabila tidak mereka akan mendapat rugi baik dunia maupun akhirat.

Surah Al’Ashr adalah surah ke 103 dalam AL-Qur’an. Surah ini memiliki 3 ayat dan tergolong surah makkiyah. Al’Ashr berarti waktu atau masa. Surah ini menjelaskan bahwa Allah Swt telah memberikan cukup waktu yaitu malam dan siang sebagai tempat untuk manusia mengerjakan perbuatan dan amal sesuai dengan perintah-Nya. Kerugian mutlak yaitu kerugian dunia akhirat akan didapatkan apabila waktu yang diberikan tersebut disia-siakan atau tidak dimanfaatkan dengan baik.

Q.S. Al-‘Asr

 

Cek

Bacaan lain tentang :



Widget by smooth

Tidak ada komentar: