'smooth crue: Memahami Pesan-Pesan Pokok Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas

Selasa, Mei 2

Memahami Pesan-Pesan Pokok Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas

Pesan pokok dari Surah Al-fatihah dan Surah Al-Ikhlas adalah bahwa hanya Allah SWT satu-satunya Tuhan yang pantas untuk disembah, satu-satunya tempat makhluk bergantung dan memohon pertolongan. Allah SWT adalah Tuhan seluruh alam yang tak ada satu pun makhluk yang menandingi-Nya.

Q.S. Al-Fatihah

Surah AL-FATIHAH adalah surah pendek dalam Al-Quran yang hanya mencakup sebanyak 7 ayat. Demikian halnya dengan SURAH AL-IKHLAS yang juga merupakan surah pendek sebab hanya mencakup 4 ayat saja. Pada pokoknya, kandungan kedua surah ini sama yakni berisi sifat-sifat Allah SWT sebagai satu-satunya tuhan para makhluk.

Pada Surah Al-Fatihah disebutkan bahwa Allah SWT adalah Dzat Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, bagi Allah SWT segala puji. Allah adalah Tuhan sekalian alam yang memiliki hari pembalasan dan kepada Dia sajalah makhluk menyembah juga meminta pertolongan.

 

Q.S. Al-Ikhlas

Adapun pada Surah Al-Ikhlas, disebutkan bahwa Allah SWT adalah Dzat Yang Maha Esa, semua mahluk bergantung kepada-Nya. Allah tidak beranak dan tidak pula Ia diperanakkan. Allah taka da satu apapun yang setara dengan-Nya.

sumber : clik


Bacaan lain tentang :



Widget by smooth

Tidak ada komentar: