'smooth crue: Alasan Wanita Lebih Boros dari Pria

Jumat, Desember 25

Alasan Wanita Lebih Boros dari Pria

Belanja. Meski pada beberapa wanita belanja sesuai kebutuhan, namun banyak juga wanita yang menjadikan kegiatan ini sebagai hobi. Menyusul kemudian, mengeluhkan mengenai pengeluaran yang membludak selama satu bulan. Sebenarnya, dimana titik "pembengkakan" ini?

Menurut Chief Executive Officer QM Financial, Ligwina Hananto, masalah ini sering kali terjadi pada wanita pekerja, yang telah berumah tangga, karena begitu banyak pos-pos kebutuhan. 


"Umumnya, gaji hasil bulanan digunakan untuk membiayai cicilan hutang dan untuk keperluan pribadi," kata Ligwina saat ditemui di Hongkong Cafe, Sarinah.

Selain cicilan hutang melalui penggunaan kartu kredit, wanita umumnya mengalami kesulitan saat dirinya dihadapkan dengan belanja pribadi. Trik dari Ligwina, untuk menghindari kesulitan ini, cicilan hutang diusahakan untuk selalu di bawah angka 20 pesen dari penghasilan bulanan.

Belanja pribadi
Bagaimana dengan keperluan pribadi? Ini yang menjadi problematika. Wanita cenderung tak bisa melawan hasrat bebelanja mereka. Sudah memiliki lima pasang sepatu, masih harus memenuhi deretan lemari sepatu. Mudah tergoda dengan diskon dan berbagai penawaran pintar kartu kredit.
Mungkin jika dijumlahkan, belanja pribadi ini bisa menghasilkan akumulasi yang lebih banyak dari pengeluaran untuk kebutuhan lainnya. "Wanita akan menjadi lebih boros, dan pada akhirnya berujung pada ketidakmampuan mereka untuk menabung. Alasan utamanya adalah lifestyle," jelas Wina, panggilan akrab Ligwina.

Hasrat menjadi satu kata kunci yang membedakan pola belanja para wanita dengan pria. Pria cenderung mengeluarkan uang sesuai kebutuhan mereka. Bukan berdasarkan keinginan. 
Untuk menormalkan kembali keuangan, Wina menyarankan agar wanita mengetahui terlebih dahulu tujuan finasial mereka. "Orang yang tak punya tujuan finasial akan sulit menabung," katanya. Sisihkan terlebih dahulu, anggaran untuk mengisi tabungan, baru kemudian menggunakan 20 persen penghasilan untuk belanja pribadi.



Bacaan lain tentang :



Widget by smooth