Apa itu Helpdesk ?
Helpdesk merupakan sistem manajemen untuk membantu
menangani kebutuhan customer / user terkait dengan pertanyaan, pelayanan,
support teknis, atau komplain terhadap produk & jasa tertentu dengan
memanfaatkan sistem penomoran (request ticket) untuk memudahkan penelusuran
terhadap tindakan penyelesaian yang dikoordinasi oleh suatu team. Team ini
biasanya terdiri dari satu atau beberapa orang yang bertugas :
Menampung, mengklasifikasikan dan memberikan
prioritas terhadap request ticket melalui berbagai jalur seperti E-Mail,
Website, atau Telephone.
Melakukan assigment request ticket kepada?
unit-unit yang bertanggung jawab dan memiliki kapabilitas untuk menyelesaikan
permasalahan tersebut. Jika diperlukan melakukan eskalasi request ticket ke
tingkatan manajemen yang lebih tinggi.
Monitoring durasi & status penyelesaian, dan
melakukan logging terhadap seluruh tahapan tindakan yang telah diambil dan
status penyelesaian request ticket
Pemanfaatan di berbagai bidang
Berikut contoh pemanfaatan aplikasi helpdesk di
berbagai bidang, antara lain :
Perusahaan penyedia jasa layanan publik seperti
operator telekomunikasi, web hosting, toko online, atau perusahaan yang
memiliki pangsa pasar produk yang cukup luas, dengan tujuan untuk meningkatkan
hubungan dengan customer (customer relationship management).
Departemen IT di berbagai instansi / perusahaan
dalam melakukan tugasnya melakukan support dalam menyelesaikan permasalahan
terkait infrastruktur jaringan, komputer atau problem perangkat lunak.
Departemen Pemasaran atau Pengembangan Produk
dalam menampung masukan-masukan dari para customer melalui sistem guna
melakukan analisa-analisa atau perencanaan kedepan.
Perusahaan pengembang software dalam memanage bug,
dan memonitor penyelesaiannya.
Solusi tepat dalam Manajemen Helpdesk
Dengan GreenDesk anda dapat lebih fokus
menangani bisnis sementara GreenDeskmelakukan
tugasnya dalam memaintain existing customer dan menjaga kepuasan customer.
Manajemen Ticket yang terintegrasi penuh dengan
Web interface dan E-Mail. Mendukung semua jenis mail server dengan protokol POP
termasuk Google Mail.
Helpdesk Control Panel yang memudahkan pencarian
ticket, tracking, sorting, dan monitoring terhadap status penyelesaian tugas.
24/7 availability menjamin customer tidak harus
menunggu untuk mendapat pelayanan. Anda dapat menghemat biaya telepon, biaya
humas dan administrasi, pun pada saat yang sama meningkatkan hubungan baik
dengan customer.
Fitur tambahan untuk peningkatan efektivitas kerja
staff seperti Task Assignment, Personal Schedule / Meeting Alert.