'smooth crue: Pengertian vpn dan fungsi dari vpn

Jumat, Mei 24

Pengertian vpn dan fungsi dari vpn


Jika anda sering browsing di internet baik itu menggunakan komputer maupun smartphone tentu sering mendengar orang menggunakan VPN, lantas apa arti vpn dan fungsi dari VPN di komputer maupun smartphone.


VPN merupakan singkatan dari Virtual Private Network yang merupakan sebuah teknologi jaringan yang menciptakan koneksi jaringan aman dari jaringan publik internet yang biasa kita gunakan atau jaringan operator penyedia koneski internet kita gunakan.

Sebagian besar pengguna VPN digunakan untuk perusahaan besar dan berbagai lembaga negara serta pendidikan, karena dengan menggunakan teknologi vpn memungkinkan pengguna terhubung di jaringan pribadi meski mereka berada di daerah yang jauh.

Namum saat ini banyak pengguna pribadi menggunakan akses internet dengan teknologi VPN agar koneksi internet mereka aman dan ip dan dns yang mereka gunakan di perangkat tidak di ketahui, terlebih lagi saat ini banyak sekali penyedia VPN gratisan.

Fungsi utama dari VPN adalah membuat koneksi internet yang aman, semua data yang kita kirim dan kita terima (donwload ) telah di lindungin oleh enskripsi server VPN, semua akses web yang anda lakukan di melalui browser akan melewati server VPN terlebih dahulu, sehingga ip komputer atau smartphone kita tidak di ketahui, karena setiap kali kita menggunakan koneski VPN maka kita akan menggunakan dns dan ip dari server vpn tersebut.

VPN memungkinkan kita mengakses semua situs secara private / pribadi, sehingga tidak terlacak oleh penyedia layanan jaringan, seperti kita menggunakan kartu internet telkomsel, maka pihak operator telkomsel tidak bisa mengetahui history akses web yang kita lakukan saat ini.


Apakah menggunakan VPN bisa mempercepat koneksi internet ??

Jawab : 
tentu tidak, VPN berfungsi sebagai jaringan pribadi/ Private Network yang melindungin semua data kita kirim maupun data yang kita terima. Kecepatan internet ketika menggunakan VPN sama hal nya dengan kita tidak menggunakan VPN.

Cara setting VPN di komputer dan di android terbagi di dalam 2

Pemasang VPN secara manual,dimana kita akan menambah VPN sendiri dari komputer atau di android.

Pemasangan VPN secara otomatis menggunakan software atau aplikasi tambahan.

Buat anda yang ingin mencoba VPN, silahkan cari aplikasi VPN gratis di playstore. perlu di ketahui tidak semua paket VPN gratis, sebagian VPN premium atau berbayar karena di lengkapi dengan berbagai fitur dan kelebihan yang tidak tersedia pada VPN gratisan.

semoga bermanfaat.

Bacaan lain tentang :



Widget by smooth

Tidak ada komentar: