'smooth crue: Nusa Tenggara Timur Tiger Club

Sabtu, Desember 26

Nusa Tenggara Timur Tiger Club


NT3C merupakan kelompok anak muda yang menyukai touring ke berbagai daerah. Namun, pilihan kendaraan untuk menikmati perjalanan adalah sepeda motor jenis Honda Tiger.

Organisasi yang terbentuk sejak 5 Oktober 2011 ini  beranggotakan 37 orang. Para anggota tak terbatas  usia, namun sebagian besar dari mereka adalah kaum muda.
Komunitas ini juga tidak membatasi profesi, siapa saja bisa bergabung. Saat ini saja, mereka yang bergabung berasal dari berbagai kalangan, antara lain pegawai negeri sipil, TNI, Polri, pengusaha, aktivis LSM dan lainnya.


Ketua NT3C, Irwan Djuru, mengatakan, komunitas NT3C merupakan kumpulan para pencinta sepeda Motor Honda Tiger, namun yang menyukai touring. Dan, komunitas ini selalu menekankan safety reading atau keamanan dalam berkendaraan di jalan raya. "Misi utama kita adalah mengkampanyekan Safety Reading, bagaimana  berkendaraan yang baik dan aman," jelasnya.

Menurutnya, berkendaraan dengan sepeda motor yang rata-rata ukuran ban di atas 300 ini dan ber-cc 160 ini terasa lebih menyenangkan, apalagi untuk perjalanan jauh.

"Buktinya teman-teman kami klub tiger dari Aceh, Pekanbaru, Jakarta, Bandung, Purwakarta sudah pernah sampai ke Kupang dan kami Tiger Comunity Kupang bawa mereka ke titik nol terselatan Indonesia yaitu di Rote. Kebetulan teman-teman komunitas tiger NTT ini sudah pernah ke titik nol Indonesia paling barat di Sabang, terutara di Singer Talau dan di selatan di Rote juga sudah. Dan, juga kalau mereka ke sini, kita bawa masuk ke lintas perbatasan Timor Leste," ujar Irwan.

Karena komunitas ini adalah kumpulan orang-orang yang suka jalan-jalan menggunakan sepeda motor sehingga hampir setiap pertemuan selalu merencanakan untuk touring. "Kami ini senang berkumpul bersama dan melakukan touring, kami juga di komunitas tiger," jelasnya.



Bukan hanya touring, bergabung dengan komunitas ini juga bearti menjadi bagian dari komunitas yang lebih besar dan luas yaitu Honda Tiger Club Indonesia. "Kami sementara masih calon anggota karena untuk bergabung harus satu tahun berdiri, sementara kami masih calon anggota," tutur Irwan.


Dan, siapapun yang sudah tergabung dalam komunitas ini akan menjasi saudara dengan sesama anggota komunitas."Teman- teman itu tingkat persaudaraannya sangat tinggi, sehingga siapapun dia apabila dia itu masuk komunitas Honda Tiger yang bernaung di bawa Honda Tiger Indonesia itu diterima sebagai saudara kandung. Kita ke mana saja pasti saja diterima, dijemput dan dijamu," jelasnya.

Kegiatan rutin NT3C adalah berkumpul seminggu sekali di Jalan El Tari pasnya di depan rumah jabatan Gubernur NTT. Bahkan bagi para istri anggota atau dikenal dengan Ladies Tiger juga menggelar pertemuan dan arisan sebulan sekali.

Sementara untuk touring juga kerap dilakukan minimal sebulan sekali untuk jarak-jarak pendek, sementara untuk jarak jauh biasanya sudah diagendakan khusus. "Biasanya hari minggu sebulan sekali kita lakukan touring, tidak jarak jauh tapi lintas pendek seperti sampai Camplong, atau sampai Bolok, atau kita kunjungi tempat-tempat wisata," jelasnya.

Membangun jaringan dengan komunitas Tiger dari kota lain selain untuk persaudaraan sesama penyuka Honda Tiger, juga dimaksudkan untuk mempermuda mendapatkan sperpart.

"Kalau teknisi, kita punya bengkel khusus dan ada juga anggota yang teknisi yang bisa memperbaiki kerusakan. Kalau kesulitan sperpart di Kupang, kita bisa menghubungi anggota komunitas Honda Tiger di Jawa melalu dunia maya seperti facebook atau ada website kita. Jadi komunitas ini memudahkan kita dalam urusan bermotor ini," jelasnya. (alfred dama)

sumber : pos kupang

Bacaan lain tentang :



Widget by smooth